Saturday, December 30, 2017

Pengenalan Database, DBMS dan RDBMS


Basis data (atau database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut (http://id.wikipedia.org/wiki/Database). Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer.

Untuk mengelola database diperlukan suatu perangkat lunak yang disebut DBMS (Database Management System). DBMS merupakan suatu system perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada.

Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis DBMS lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dsb. Beberapa software atau perangkat lunak DBMS yang sering digunakan dalam aplikasi program antara lain :
􀂃 DB2 - http://www-306.ibm.com/software/data/db2/
􀂃 Microsoft SQL Server - http://www.microsoft.com/sql/
􀂃 Oracle - http://www.oracle.com
􀂃 Sybase - http://www.sybase.com/
􀂃 Interbase - http://www.borland.com/interbase
􀂃 Teradata - http://www.teradata.com/
􀂃 Firebird - http://www.firebirdsql.org/
ô€‚ƒ MySQL – http://www.mysql.com
􀂃 PostgreSQL - http://www.postgresql.org/

Beberapa Istilah Database
Table
Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.
Field
Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.
Record
Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.
Key
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.
SQL
SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebut juga sebagai query.

Hierarki Database
Dalam konsep database, urutan atau hierarki database sangatlah penting. Urutan atau hierarki database digambarkan dalam gambar sbb :


Berbagai MySQL Client untuk Administrasi Server MySQL
Berikut ini beberapa tools yang biasa digunakan dalam mempermudah administrasi server MySQL. Tools berikut ini hanya digunakan untuk mempermudah administrasi MySQL, jadi tidak harus digunakan.
1. MySQL Command Line Client
MySQL Command Line Client merupakan tools default MySQL yang sudah disertakan dalam file instalasi MySQL. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan koneksi ke MySQL melalui text-based mode.
                                           Tampilan MySQL command line client

2. MySQL-Front
MySQL-Front merupakan front-end MySQL berbasis Windows yang cukup banyak digunakan. MySQL-Front memiliki user interface yang cukup mudah digunakan, bahkan oleh user pemula. Pada awalnya MySQL-Front merupakan software yang free, namun mulai versi 3.0 ke atas, software ini menjadi software yang bersifat shareware dengan masa percobaan selama 30 hari. Jika Anda ingin mencoba software ini, cobalah MySQL-Front versi 2.5 karena selain masih bebas untuk didownload, versi 2.5 cukup stabil dan sudah teruji.
Situs resmi MySQL-Front beralamat di http://www.mysqlfront.de
                                                  Tampilan MySQL Front
3. PHPMyAdmin
PHPMyAdmin merupakan front-end MySQL berbasis web. PHPMyAdmin dibuat dengan menggunakan PHP. Saat ini, PHPMyAdmin banyak digunakan hampir semua penyedia hosting yang ada di internet. PHPMyAdmin mendukung berbagai fitur administrasi MySQL termasuk manipulasi database, tabel, index dan juga dapat mengeksport data ke dalam berbagai format data. PHPMyAdmin juga tersedia dalam 50 bahasa lebih, termasuk bahasa
Indonesia. PHPMyAdmin dapat didownload secara gratis di http://www.phpmyadmin.net

                Tampilan halaman PHPMyAdmin

4. SQLYog
SQLYog merupakan salah satu front-end MySQL yang cukup populer saat ini.
Dengan dukungan fitur yang cukup banyak dan lengkap, SQL Yog tersedia
versi commercial dan community (free). SQLYog dapat didownload di situsnya
http://www.webyog.com
                                                       Tampilan layar SQLYog

5. MySQL Administrator dan MySQL Query Browser
MySQL Administrator dan MySQL Query Browser merupakan tools administrasi database MySQL yang tersedia di situs resmi MySQL (http://www.mysql.com). Keduanya dapat didownload di alamat http://www.mysql.com/products/tools/.
Beberapa fitur MySQL Administrator, antara lain:
Administrasi user.
Halaman monitoring server.

Optimatisasi MySQL
Informasi umum keadaan server
Status replication.
Cross-platform.
Beberapa fitur MySQL Query Browser, antara lain:
Tampilan dan menu yang mudah (user-friendly).
Mendukung beberapa window hasil (result preview) sekaligus.
Kemudahan dalam menulis query dengan visual tools.
Manipulasi database.
Membuat dan manipulasi tabel.
SQL statements debugging.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengenalan Database, DBMS dan RDBMS
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.